President Message

Message from the management of Yamaha Motor

Hasil Bisnis untuk Tahun 2015 dan Prediksi untuk Tahun 2016
President, Chief Executive Officer and Representative Director Hiroyuki Yanagi

Kepada Yth. Karyawan

Akun konsolidasi manajemen tahun 2015 mencapai penjualan bersih sebesar 1.615,4 miliar yen (meningkat 6% dibandingkan tahun sebelumnya), dan pendapatan operasional sebesar 120,4 miliar yen (meningkat 38%). Akun unit kantor pusat mencapai penjualan bersih sebesar 659,0 miliar yen (meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya), dan pendapatan operasional sebesar 35,1 miliar yen (meningkat 21%). Nilai tukar mata uang untuk tahun tersebut mengasumsikan dolar diperdagangkan pada angka 121 yen (depresiasi sebesar 15 yen) dan euro diperdagangkan pada angka 134 yen (apresiasi sebesar 6 yen). Mata uang Rupiah Indonesia dan Real Brasil mengalami depresiasi yang signifikan terhadap dolar AS masing-masing sebesar 14% dan 40%.

Penjualan dan pendapatan meningkat dalam bisnis di pasar negara maju. Hal ini didorong oleh efek peningkatan penjualan dalam model dan produk global pada kisaran harga yang lebih tinggi dalam segmen bisnis sepeda motor, peningkatan penjualan model-model besar dan efek depresiasi yen pada ekspor dalam segmen bisnis marine, efek produk baru dalam segmen bisnis kendaraan rekreasi, dsb. Penjualan dalam segmen bisnis sepeda motor di pasar negara berkembang menurun secara keseluruhan, namun pendapatan operasional dipertahankan pada tingkat yang setara dengan tahun sebelumnya. Peningkatan penjualan di Vietnam, Filipina, dan Taiwan, serta peningkatan penjualan produk pada kisaran harga yang lebih tinggi - dan pengurangan biaya di masing-masing wilayah - telah menyerap penurunan penjualan dan efek depresiasi mata uang di Indonesia, Brasil, Cina dsb.

Tahun 2015 juga merupakan tahun fiskal terakhir dari rencana manajemen jangka menengah Yamaha Motors yang telah dimulai pada tahun 2013. Penjualan dan pendapatan terus meningkat selama tiga tahun tersebut, dengan target hasil yang secara luas telah dipenuhi. Khususnya, pertumbuhan investasi baru dan pembayaran dividen saham secara proaktif menjadi dimungkinkan saat pendapatan operasional terus berada di atas level 120,0 miliar yen, dan modal kerja (tidak termasuk kredit keuangan) meningkat karena penurunan awal dalam persediaan yang dimiliki dan akun piutang. Kita percaya bahwa hal ini telah menciptakan platform yang memungkinkan untuk pertumbuhan berkelanjutan yang akan mengarah pada Rencana Manajemen Jangka Menengah yang baru sejak tahun 2016. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas segenap usaha Anda sekalian.

Kondisi dari masing-masing bisnis kita adalah sebagai berikut (data yang ditampilkan di sini didasarkan pada nilai akuntansi manajemen).

Sepeda motor

Penjualan bersih secara keseluruhan meningkat sebesar 4% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 1.010,4 miliar yen, dan pendapatan operasional meningkat 57% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 34,3 miliar yen.
Penjualan unit meningkat di pasar negara maju seperti di Amerika Utara dan Eropa, serta di Jepang, penjualan produk motor besar meningkat sedangkan penjualan skuter menurun. Penjualan unit di pasar negara berkembang seperti Vietnam, Filipina, dan Taiwan meningkat, namun menurun di Indonesia, Brasil, Cina dsb.
Penjualan bersih meningkat berkat efek dari produk baru seperti seri MT dan peningkatan penjualan produk pada kisaran harga yang lebih tinggi. Pendapatan operasional juga meningkat karena berbagai faktor, seperti pengurangan biaya dan efek skala yang lebih besar, produk campuran menghasilkan peningkatan pendapatan, yang menyerap faktor negatif seperti depresiasi mata uang dan kenaikan biaya pengembangan di pasar negara berkembang.

Marine

Penjualan bersih secara keseluruhan meningkat sebesar 7% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 262,8 miliar yen, dan pendapatan operasional meningkat 30% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 52,0 miliar yen.
Peningkatan penjualan dan pendapatan dicapai berkat peningkatan penjualan unit motor outboard besar dan kendaraan air di Amerika Utara, serta efek depresiasi yen.

Kendaraan & Solusi

Penjualan bersih secara keseluruhan meningkat sebesar 16% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 226,7 miliar yen, dan pendapatan operasional meningkat 68% dari tahun fiskal sebelumnya menjadi 19,0 miliar yen.
Dalam segmen bisnis RV, penjualan meningkat 22% menjadikan profitabilitas 4,1 miliar yen berkat kenaikan penjualan yang disebabkan oleh ekspansi jajaran produk kendaraan recreational off-highway vehicle (ROV), dsb.
Segmen bisnis IM melihat peningkatan penjualan 25% dan pendapatan 51% berkat peningkatan penjualan surface mounter dan robot, serta kemajuan penyerapan bisnis melalui akuisisi aset dari Hitachi High-Technologies Corporation.
Unit Bisnis Smart Power Vehicle mengalami peningkatan penjualan 13% berkat peningkatan penjualan PAS baik di pasar domestik maupun ekspor (naik 16% pada basis unit drive), namun pendapatan sedikit menurun karena efek mata uang asing pada impor.
Segmen bisnis Power Produk mengalami peningkatan penjualan 6%, namun pendapatan menurun 8% karena penjualan mobil golf dan generator baik di pasar domestik maupun di pasar negara berkembang tidak mengalami peningkatan.
Segmen bisnis UMS mengalami peningkatan penjualan dan pendapatan yang disebabkan oleh peningkatan penjualan helikopter tanpa awak. Selain itu, terjadi sedikit penurunan penjualan dan pendapatan yang dialami dalam penggabungan segmen bisnis Kolam Renang karena pengaruh permintaan pengadaan khusus pada tahun sebelumnya.

Lainnya

Segmen Unit Bisnis Operasi Pengembangan Pasar Luar Negeri mengalami peningkatan penjualan 25% dan pendapatan 67% berkat peningkatan penjualan sepeda motor dan motor outboard di pasar Afrika dsb.
Segmen Bisnis Unit Otomotif mengalami sedikit penurunan penjualan dan pendapatan karena penjualan unit tidak mengalami peningkatan dalam pengganti model mesin untuk Toyota.
Segmen Bisnis Komponen mengalami peningkatan penjualan 7% dan pendapatan 12% berkat kemajuan peluncuran pemasaran seumur hidup di pasar negara maju dan ekspansi layanan komitmen waktu di pasar negara berkembang.

Tahun 2016 adalah tahun fiskal pertama dari Rencana Manajemen Jangka Menengah kita yang baru. Prediksi konsolidasi manajemen untuk penjualan bersih dan pendapatan operasional ditetapkan masing-masing sebesar 1.760 miliar yen dan 120,0 miliar yen. Kita memperkirakan iklim bisnis yang cukup kokoh akan terus berlanjut di pasar negara maju, dan ketidakpastian masih akan terus berlangsung di pasar negara berkembang karena berbagai faktor seperti harga sumber daya yang murah dan pelemahan mata uang. Prediksi ini didasarkan pada asumsi bahwa dolar AS akan diperdagangkan pada 117 yen dan euro pada 127 yen (apresiasi yen pada kedua kasus), dan depresiasi yang terus berlanjut dari mata uang Rupiah Indonesia dan Real Brasil. Dalam rangka mencapai kemajuan yang mantap pada perbaikan profitabilitas seperti pengoptimalan harga, pengurangan biaya, serta pembatasan biaya, harap menjalankan manajemen bisnis yang dapat menyerap faktor negatif seperti efek mata uang asing. Selain itu, juga harap melakukan perbaikan yang signifikan dalam pekerjaan dan kualitas produk, salah satu poin utama untuk direfleksikan dari tahun lalu, yaitu dengan melakukan manajemen bisnis yang membuktikan bahwa Yamaha adalah brand yang dipercayai pelanggan.

Kita berharap untuk menyediakan berbagai platform yang akan membantu Anda menghadapi tantangan baru di tempat kerja. Masing-masing dan setiap karyawan harus menjalankan peran utama dalam memberikan kontribusi yang signifikan untuk menciptakan "Perusahaan unik yang secara terus menerus mencapai tonggak dinamis."

Hiroyuki Yanagi

IM :Intelligent Machinery
PAS:Electrically Power Assisted Bicycle
UMS:Unmanned System

* In the event of inconsistency between this version and the English version, please refer to the English version.